Thursday, 18 November 2010

KAP II

BAB II

Makna Perbedaan-Perbedaan Individu Di Dalam Dunia Kerja

Para pimpinan perusahaan dan supervisor sangat menyadari adanya perbedaan prestasi kerja karyawan yang dibawah pengawasannya. Walaupun karyawan-karyawan bekerja pada mesin yang sama namun produktifitasnya tidaklah sama. Suatu pekerjaan mungkin akan sangat dikerjakan dengan sangat baik oleh karyawan X tetapi dilakukan dengan kurang baik oleh karyawan Y. Demikian pula pekerjaan mungkin akan memberikan kepuasan kerja yang tinggi bagi karyawan X, tetapi merupakan sumber ketidak puasan bagi karyawan lainnya. Perbedaan di dalam prestasi kerja ini disebabkan oleh adanya perbedaan di dalam ciri-ciri personil individu. Perbedaan ini meliputi : bakat, intelegensi, bentuk badan, pendidikan, motivasi, kepribadiaan, pengetahuan mengenai pekerjaan dan lain-lain.

Industri-industri modern sadar akan pentingnya untuk menetapkan pekerjaan sesuai dengan orangnya, yang tidak hanya baik dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan orangnya, tetapi juga dapat menyesuaikan diri dengan pekerjaanya. Bila suatu pekerjaan terlalu sukar, latihan yang diberikan tidak memadai hal ini dapat mengecewakan karyawan dan akibatnya menurunkan produksi.

Faktor yang merupakan sumber perbedaan individu di dalam bekerja meliputi faktor fisik dan psikis.
Faktor Fisik :
1. Bentuk tubuh dan komposisinya
2. Taraf kesehatan fisik pada umumnya
3. Kemampuan panca inderanya.
Adapun perbedaan individu berdasarkan faktor psikis ialah :
1. Intelegensi
2. Bakat
3. Minat
4. Kepribadian
5. Motivasi
6. Edukasi.
Selanjutnya perlu dijabarkan apa yang dimaksudkan dengan perbedaan individu berdasarkan fisik dan psikis.

PERBEDAAN INDIVIDU DALAM SEGI FISIKNYA

1. Bentuk tubuh dan komposisinya
Bentuk tubuh meliputi besar kecilnya tubuh, bagian-bagiannya, warna kulit dan kelengkapan anggota badan. Sedangkan, komposisinya meliputi bagaimana letak kesesuaiannya dengan bagian-bagian tubuh yang lainya. Penting dan tidaknya pengaruh kedua hal tersebut di dalam pekerjaan tergantung jenis pekerjaanya.



2. Taraf kesehatan fisik
Taraf kesehatan individu pada umumnya berbeda. Perbedaan ini sering kita jumpai pada kehidupan kita sehari-hari.

3. Kemampuan panca indera
Kemampuan fisik yang berujud kemampuan panca indera diperlukan dalam bekerja, misalnya untuk bekerja dibagian perusaan rokok diperlukan kemampuan penciuman yang baik, seorang pemusik diperlukan pendengaran yang baik.

PERBEDAAN INDIVIDU DALAM SEGI PSIKIS

• Intelegensi
Intelegensi diberi batasan sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan sebaik-baiknya terhadap lingkungan. Oleh karena itu tingkat intelegensi seseorang sangat menentukan kesuksesanya dalam bekerja.
• Bakat
Bakat ialah kemampuan dasar yang menentukan sejauh mana kesuksesan individu untuk memperoleh keahlian atau pengetahuan tertentu, apabila individu di beri latihan-latihan tertentu.
• Minat
Minat adalah sikap yang membuat orang senang akan situasi atau ide-ide tertentu.
• Kepribadian
Kepribadian menunjukkan bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-indivudu yang lainnya. Pada pekerjaan-pekerjaan tertentu sifat-sifat kepribadian seseorang sangat berhubungan dengan kesuksesan dalam bekerja
• Motivasi
Situasi yang mengerakkan seseorang untuk berbuat, ini terdiri dari 2 aspek, aspek subjektif dan aspek objektif.
• Edukasi
Di dalam bekerja seringkali faktor edukasi merupakan syarat paling pokok untuk memegang fungsi-fungsi tertentu.